pdam penajam
Metro

Peduli Korban Bencana Alam Kalsel dan Sulbar, Pemkab PPU Alokasikan Bantuan Rp5 Miliar

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud saat melepas armada yang membawa bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir di Kalsel (foto: kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, PENAJAM-Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) melepas sejumlah armada yang membawa bantuan korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diinisiasi Kerukunan Keluarga Bubuhan Banjar (KKBB) Kabupaten PPU, di Km 2,5 Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam, Senin (18/1/2021).

AGM mengapresiasi dan berterimakasih kepada para donatur, masyarakat serta para inisiator yakni KKBB di PPU yang melakukan penggalangan dana dan mendistribusikan bantuan secara langsung. Adapun bantuan diangkut sejumlah kendaraan menuju Kalsel dan merupakan kebutuhan mendesak para korban bencana banjir.

“Ini adalah bentuk tali persaudaraan, apalagi PPU masih bertetangga (dengan Kalsel), satu hamparan pulau Kalimantan, serta banyaknya sanak saudara maupun kerabat di PPU yang juga berada di sana (Kalsel, Red),” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada korban bencana alam di berbagai daerah, saat ini Pemkab PPU juga telah mengalokasikan anggaran untuk membantu korban bencana alam di Kalsel dan Sulawesi Barat (Sulbar), masing-masing senilai Rp2,5 miliar.

Bantuan berupa uang tunai ini nantinya akan diberikan secara langsung oleh Pemkab PPU kepada Pemerintah Provinsi Kalsel mengingat terbatasnya sejumlah akses jalan yang terputus antar wilayah di beberapa daerah terdampak. Dengan harapan Pemprov Kalsel dapat mendata secara menyeluruh masyarakat terdampak untuk memenuhi sejumlah kebutuhan pokoknya. Termasuk mendistribusikan sesuai kebutuhan yang diperlukan para korban. Utamanya daerah yang saat ini terdampak parah dan memerlukan bantuan secara langsung.

Lanjut AGM menerangkan, Pemkab PPU juga telah menyiapkan bantuan beras sebanyak 10 ton melalui Dinas Pertanian dan siap dikirim kepada saudara-saudara yang saat ini dalam keterbatasan akibat musibah banjir di Kalsel dan sekitarnya.

“Semoga apa yang dilakukan ini membawa keberkahan, amal soleh serta membawa keselamatan untuk Kabupaten PPU dan seluruh masyarakatnya. Tak lupa terus bermunajat kepada Allah SWT memohon perlindungan-Nya serta diiringi dengan salat tobat semoga kita semua dijauhkan dari segala macam bencana dan musibah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KKBB Syarifuddin HR di sela pelepasan keberangatan sejumlah bantuan korban banjir, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berdonasi dan menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu saudara-saudara yang saat ini tertimpa musibah banjir dan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah yang mendukung penggalangan bencana kemanusiaan ini dengan berbagai donasinya.

“Semoga dengan upaya ini semakin meningkatkan rasa persaudaraan dan kepedulian antar sesama,” pungkasnya. (Advertorial/Diskominfo PPU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top