Metro

Sudah Masuk Zona Oranye, PPU Tetap Disiplinkan Prokes

dr Jansje Grace Makisurat

KOTAKU, PENAJAM-Dalam dua hari terakhir, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berstatus zona oranye Covid-19 atau risiko penularan kategori sedang.

“Kondisi ini berbeda (lebih baik, Red) dengan kabupaten dan kota lainnya di Kaltim. Kecuali Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang sudah lama berstatus zona kuning atau risiko rendah (1-25 positif),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat, Kamis (29/4/2021).

Diterangkan Grace, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten PPU tercatat 1.211. Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 1.115 dan meninggal dunia 48.

Pemerintah bersama personel gabungan terus melakukan Operasi Yustisi untuk memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penambahan kasus.

“Razia kepada masyarakat yang tidak memakai masker terus dilakukan. Termasuk tim gabungan berkunjung ke kafe dan angkringan di Penajam. Tim memberikan teguran lisan (bagi pelanggar) dan membagikan sekaligus memakaikan masker secara benar kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu Grace menambahkan, tim gabungan berkeliling untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penggunaan masker. Bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker diberikan teguran lisan dan kembali diimbau untuk menaati protokol kesehatan.

“Operasi terus dilakukan dan mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (advertorial/diskominfoppu)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top