Metro

508 Pedagang di PPU akan Tempati Pasar yang Baru

Erwansyah

KOTAKU, PENAJAM-Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat ini bakal merelokasi pasar lama ke lokasi pasar yang baru yang berada tepat di belakang Puskesmas, Kecamatan Babulu. Dengan jarak sekitar 800 meter dari jalan utama.

“Sebelum pemindahan kami akan melakukan rapat dengan Asesten II, Camat Babulu dan Kepala Desa Babulu Darat,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Erwansyah, Senin (17/5/2021).

Lanjut Erwansyah, dalam rapat tersebut, ada sejumlah agenda yang akan dibahas di antaranya pemantapan pemindahan pasar dan pemindahan lapangan oleh tim yang akan ditunjuk.

“Kemarin sempat terkendala belum adanya listrik dan air, tetapi sekarang Alhamdulillah sejak Desember 2020 sudah ada listrik dan air. Dalam minggu ini kami akan melakukan rapat dilanjutkan peninjauan lokasi,” lanjutnya.

Dikatakan Erwansyah, ada 508 pedagang yang akan dipindahkan ke lokasi pasar yang baru. Jumlah itu lebih banyak dibanding jumlah lapak yang ada di pasar yang baru yakni 308.

“Tetapi kami maksimalkan dengan cara menambahkan bangunan apalagi ada bantuan dari pemerintah pusat terkait penambahan bangunan sekitar 260 lapak.

Saat ini sudah direalisasikan untuk penambahan lapak, anggaranya sekitar Rp6 milliar,” katanya.

Sementara untuk bangunan pasar lama tambah Erwansyah, akan dibersihkan agar tidak ada lagi pedagang baru yang berjualan di tempat yang lama tersebut.

“Pasar lama itu lahannya milik pribadi, setelah ada pemindahan bangunan lama akan dibersihkan agar tidak ada pedangan baru dan pasar yang baru itu bisa difungsikan secara maksimal,” pungkasnya.(advertorial/diskominfoppu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top