Metro

Selamat, Dua OPD di PPU Raih SAKIP Predikat Sangat Memuaskan

Wakil Bupati PPU H Hamdam saat menyerahkan penghargaan secara simbolis (foto: kotaku.co.id/hamaruddin)

KOTAKU, PENAJAM-21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) diganjar penghargaan atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020. Dua di antaranya raih predikat AA atau Sangat Memuaskan. Prestasi ini diraih dalam Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2020. Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Wakil Bupati PPU H Hamdam mewakili Bupati PPU H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) di aula Pemkab, Rabu (19/5/2021).

Keberhasilan tersebut diharapkan menjadi penyemangat dan motivasi kerja seluruh ASN di lingkup Pemkab PPU yang akan berimplikasi pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Dengan demikian, manfaatnya tidak hanya dirasakan pemerintah tapi juga seluruh masyaraka.

“Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong kepala SKPD untuk secara konsisten meningkatkan akuntabilitas kinerjanya dalam rangka mewujudkan pencapaian kinerja hasil orgasnisasinya sesuai yang diamanahkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Red),” kata Hamdam di sela kegiatan.

Dijelaskan, SAKIP mengarahkan birokrasi untuk menetapkan program dan kegiatan berdasarkan prioritas dan kebutuhan masyarakat.

Masing-masing kepala OPD PPU saat mengikuti kegiatan penyerahan penghargaan (foto: kotaku.co.id/hamaruddin)

“SAKIP adalah katalisator terciptanya efisiensi melalui penguatan implementasi manajemen kinerja dan anggaran berbasis kinerja,” sambung Hamdam.

Tahapan penerapan, dimulai dengan menetapkan sasaran strategis masing-masing instansi pemerintah sesuai dengan sasaran pembangunan nasional dan saerah.

“Sasaran strategis harus disertai dengan ukuran keberhasilan dan target yang jelas dan terukur, sehingga instansi pemerintah, dalam hal ini SKPD dapat menjawab keberhasilan atau kegagalan pencapaian sasarannya,” pungkasnya. (advertorial/diskominfoppu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top