Metro

Kelola Sampah Jadi Berkah, DLH PPU Gelar Pelatihan Pengelolaan Bank Sampah

Plt Sekda PPU Muliadi (dua, kiri) foto bersama usai membuka acara (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, PENAJAM-Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muliadi, membuka pelatihan dan bimbingan teknis Pengelolaan Bank Sampah dan Sosialisasi Layanan Sedot Tinja Anda (Setia) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU di aula Islamic Center, Kamis (20/5/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), mulai dari mencuci tangan dengan benar, memakai masker serta menjaga jarak.

”Langkah masif inilah yang kami harapkan dapat turut dilakukan oleh komponen masyarakat dalam menjaga lingkungan di Kabupaten PPU, mengingat sampah menjadi permasalahan yang cukup krusial dan tentunya akan lebih efektif jika penyelesaiannya tidak hanya diupayakan oleh pemerintah saja, namun juga melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ucapnya.

Muliadi menyampaikan, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sistem manajemen persampahan berbasis masyarakat perlu terus dikembangkan. Hal itu dapat dimulai dari pengelolaan sampah tingkat rumah tangga. Tentunya, hal ini juga perlu didukung dengan adanya sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Seperti lanjutnya, dengan adanya keberadaan Bank Sampah, nantinya mampu mempercepat proses perubahan pola pikir masyarakat dari membuang menjadi memanfaatkan sampah. Sehingga pendekatan pengelolaan sampah dapat diubah dari cost centre menjadi profit centre.

Bahkan, Muliadi menambahkan, Bank Sampah menjadi salah satu strategi penerapan dalam upaya pembatasan sampah yang menjadi bagian penting dalam pengelolaan sampah tingkat masyarakat dengan pola insentif.

”Melalui Bank Sampah ini ditemukan satu solusi inovatif yang membiasakan masyarakat untuk memilah sampah. Selain hal itu, saya juga mengapresiasi terhadap pelaksanaan sosialisasi Layanan SETIA. Pada saat yang lalu sudah melakukan percontohan layanan penyedotan tinja secara gratis untuk 50 unit septic tank ditiap rumah, sehingga dengan adanya layanan SETIA tersebut, akan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat bebas dari pencemaran air limbah domestik,” terangnya.

Ia juga berpesan masyarakat Benuo Taka agar bersama-sama berpartisipasi dalam menyukseskan program yang berhubungan dengan pengolahan serta pemanfaatan sampah.

”Mohon dukungan dari semua pihak serta seluruh SKPD terkait dapat menjadi contoh dan memaksimalkan program ini, agar program tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten PPU demi terwujudnya PPU yang Maju, Modern dan Religius,” pungkasnya. (advertorial/diskominfoppu)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top