Metro

Permudah Warga Akses Layanan, Disdukcapil Jemput Bola ke Sepaku

Suyanto

KOTAKU, PENAJAM-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menerapkan sistem pelayanan jemput bola ditiap kecamatan hingga kelurahan dan desa.

Terobosan ini untuk mempermudah pelayanan masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan lain-lainnya tanpa perlu mendatangi kantor layanan.

Jemput bola dirintis sejak tahun 2020 lalu dan Kecamatan Sepaku yang lokasinya paling jauh jadi sasaran utama.

“Awalnya layanan ini awalnya kurang efektif dikarenakan terkendalanya fasilitas tetapi setelah adanya bantuan mobil layanan dari Provinsi Kaltim awal tahun 2020, baru efektif berjalan,” terang Kapala Disdukcapil PPU Suyanto, Kamis (27/5/2021).

Tantangan lain yakni minimnya informasi yang didapat warga Kecamatan Sepaku terkait jadwal layanan. Ditambah minimnya jaringan internet. “Kurangnya informasi dari kelurahan dan desa setempat. Terkait jaringan internet proses pelayanan agak terhambat, jadi tidak bisa selesai sehari. Seharusnya segala jenis pelayanan bisa selesai sehari,” imbuhnya.

Selain sistem jemput bola, Disdukcapil juga sudah menerapkan pelayanan melalui aplikasi Go PPU yang sudah tersedia di Play Store, hanya saja layanan Go PPU tidak bisa mencetak KTP dan KIA. (advertorial/diskominfoppu).

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top