Metro

Pesan Sekda PPU kepada Duta Wisata 2021

Plt Sekda PPU Muliadi saat membuka pemilihan Duta Wisata 2021 (foto:kotaku.co.id/humas)

KOTAKU, PENAJAM-Plt Sekretraris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muliadi mewakili Bupati H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) membuka secara resmi Grand Final Pemilihan Duta Wisata Benuo Taka 2021 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di aula lantai I, Kantor Bupati PPU, Senin (31/5/2021).

“PPU memiliki berbagai potensi pariwisata dan keanekaragaman budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lain yang ada di Kaltim. Potensi pariwisata dan kekayaan budaya harus tumbuh dan dikembangkan sebagai aset agar PPU menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang diharapkan dan dapat diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara,” ucapnya dalam sambutannya.

Grand Final menghadirkan 20 finalis. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati PPU Hamdam, Kepala Disbupar PPU Andi Israwati dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) PPU serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU yang diikuti

“Tujuan wisata pada prinsipnya bukan hanya mendatangkan wisatawan, namun mampu menciptakan citra daerah atau Brand Country, sehingga pariwisata dan perekonomian selaras terwujud terlebih setelah dicanangkannya PPU sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN),” sambungnya.

Lanjut Muliadi, salah satu daerah tujuan wisata di Kaltim yakni PPU, menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu unggulan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, perlu strategi dengan meningkatkan kemampuan SDM pelaku wisata khususnya putra dan putri daerah.

“Ajang pemilihan duta wisata sesungguhnya bukan sekedar menunjukkan kelebihan fisik atau lahiriah semata, melainkan memiliki kecerdasan, jiwa sosial, berbakat, serta memiliki wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan daerahnya,” lanjutnya.

Disamping itu Muliadi berharap agar Duta Wisata hendaknya menjadi tauladan dan panutan di tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, bertingkah laku maupun bertutur kata.

“Melalui ajang kegiatan ini, peserta akan mendapatkan edukasi dan dibekali ilmu dalam bidang kepariwisataan, wawasan sosial hingga entertainment. Ajang pemilihan ini saya harap dapat memberikan tontonan dan hiburan yang positif bagi masyarakat, sehingga masyarakat memiliki pemahaman tentang kegiatan ini yang pada akhirnya akan selalu mendukung dan akan menjadi even yang dinantikan oleh masyarakat,” ulasnya.

Pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dalam ajang ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena tidak semua memperoleh kesempatan yang sama. Ia kembali menaruh harap, dengan terpilihnya Duta Wisata Kabupaten PPU dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam bertukar pikiran dan berkarya dalam pengembangan kepariwisataan.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Disbupar PPU, panitia, para anggota dewan juri, serta kepada pihak sponsor dan pendukung, sehingga kegiatan ini terlaksana dengan semarak, meriah, tertib dan aman,” pungkasnya. (advertorial/diskominfoppu).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top