Metro

Gratis..tis.. tis..! Tahun Ini 2.350 MBR Penajam Dapat Sambungan Air PDAM

Abdul Rasyid

KOTAKU, PENAJAM-Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka kembali menggratiskan pemasangan 2.350 Sambungan Rumah (SR) Water Meter yakni alat ukur penggunaan air bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Tahun ini Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) telah mengumumkan menggratiskan pemasangan Water Meter sejumlah 2.250 SR ditambah 5 persen. Jadi totalnya 2.350 SR yang akan dipasang,” kata Direktur Perumda Air Minum Danum Taka, Abdul Rasyid, Senin (21/6/2021).

Tahun yang sama, pihaknya juga akan membangun 1.000 SR di Kecamatan Babulu seiring dibangunnya Water Treatment Plant (WTP) kapasitas 10 liter per detik dan jaringan perpipaan dari Desa Babulu Darat ke Desa Babulu Laut sepanjang 17 Km melalui program pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) PPU tahun 2021 oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) PPU.

Layanan air bersih tersebut untuk kali pertama dinikmati warga Babulu karena sebelumnya belum dijangkau Perumda Air Minum Danum Taka.

“Kegiatan lain yang juga akan dilaksanakan tahun ini adalah pemasangan pipa jaringan dari WTP di Kecamatan Sepaku ke Rumah Jabatan di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) untuk membantu program air minum sepanjang jalan di titik nol IKN,” ulasnya.

Rasyid melanjutkan, tahun ini Perumda Air Minum Danum Taka mendapatkan alokasi dana penyertaan modal Rp9,5 miliar. Rp6 miliar digunakan untuk program hibah air minum perkotaan dan sisanya untuk Mechanical Electronic (ME), pemeliharaan dan kegiatan supporting lainya.

Kejaksaan Negeri PPU didapuk untuk pengawasan dan pendampingan selama pelaksanaan kegiatan tersebut.

Secara terpisah Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri PPU Handaya SH menyampaikan bahwa pihaknya akan mendampingi Perumda Air Minum Danum Taka dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal penyediaan air bersih. “Sehingga program Perumda Air Minum Danum Taka dapat dinikmati masyarakat,” ulasnya..

Pun begitu yang disampaikan Dewan Pengawasan Perumda Air Minum Danum Taka Asdarussalam.

“Pemkab PPU telah memberikan dukungan terhadap program yang dilaksanakan Perumda Air Minum Danum Taka dan secara berkala kami terus melaporkan perkembanganya kepada Bupati PPU selaku KPM,” pungkasnya. (advertorial/diskominfoppu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top