Metro

Momentum 10 November, Wakil Bupati PPU Ajak Warga Jadi Pahlawan Masa Kini

Peringatan Hari Pahlawan yang digelar di halaman Kantor Bupati PPU. Upacara dipimpin Wakil Bupati Hamdam (foto:kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, PENAJAM-Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan (10/11/2021) di halaman Kantor Bupati, secara khidmat meskipun di tengah pandemi Covid-19. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Dalam amanatnya Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini yang dibacakan Wakil Bupati PPU Hamdam, mengatakan Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat setiap 10 November. “Namun perlu terus dikenang sepanjang masa dan apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan perjuangan para pahlawan,” terang Hamdam, selaku inspektur upacara.

Sementara itu, lanjut Hamdam, jika dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa.

“Contohnya saja seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, bahkan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” terangnya.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 tambahnya, dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Seperti nilai-nilai kepahlawanan percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu hingga bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia ,” jelasnya.

Diakhir sambutan Hamdam mengajak untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

“Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno yang menyatakan “hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar” mari lanjutkan bersama perjuangan para pahlawan dengan bersatu serta mengisi kemerdekaan untuk membangun negeri Indonesai tercinta ini,” tutupnya. (advertorial/kominfoppu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top