Metro

Kafilah PPU Ikuti Pawai Taaruf MTQ ke 44 Kaltim

Kendaraan roda empat ini dihias sedemikian rupa oleh tim official kafilah PPU, untuk mengikuti pawai taaruf MTQ ke 44 Kaltim, di Kota Balikpapan. (kotaku.co.id/humas)

KOTAKU, PENAJAM-Kafilah Benuo Taka mengikuti pawai taaruf, dalam rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang diadakan di Kota Balikpapan.

Pawai taaruf yang dilaksanakan jelang pelaksanaan MTQ itu digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Senin (15/5/2023).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) Nurbayah yang mendampingi kontingen PPU, memastikan PPU akan menghadiri seluruh rangkaian acara yang telah ditetapkan panitia.

“Dalam pawai taaruf, PPU mengusung tema Kami Kafilah PPU, Serambi Nusantara IKN, Semangat Pantang Menyerah, Tangguh dan Siap Jadi Juara MTQ ke 44 Kaltim 2023 di Balikpapan,” ujarnya, saat dihubungi, Selasa (16/5/2023).

Ia menyebut kafilah PPU akan berupaya tampil maksimal agar dapat memberikan hasil yang terbaik.

Ia mewanti-wanti para peserta untuk menjaga kondisi kesehatannya dengan makan yang cukup dan memperhatikan cuaca yang saat ini cepat berubah, agar kualitas suara para peserta tetap terjaga, saat melantunkan kalam Allah SWT.

“Dalam pawai taaruf, hanya official saja yang ikut. Para peserta tetap di pemondokan. Kami pastikan kondisi peserta tetap sehat, mental kuat, sehingga siap menghadapi lomba,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Hamdam melepas kafilah MTQ PPU di aula Kantor Bupati, Minggu (14/05/2023) pagi.

MTQ akan berlangsung selama sembilan hari, mulai 14 Mei 2023 untuk registrasi dan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara hingga penutupan, Sabtu (21/5/2023) malam.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab PPU Tohar menerangkan, kafilah asal PPU terdiri dari 88 orang. Yakni 52 orang peserta, 10 orang official, 10 orang pelatih, sembilan orang pendamping, dua orang tim medis, dan lima orang pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Adapun cabang lomba yang akan diikuti terdiri dari Hifzh Alquran 1 juz dan 5 juz.

“Selain itu tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa. Syarhil Quran, fahmil Quran, qiraat mujawwad remaja dan dewasa, qiraat murattal remaja dan dewasa, serta tafsir Quran.

Ada juga cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Quran atau Musabaqah Makalah Quran (KTIQ/MMQ) dan tahfidz al-hadist, tahfidz 10 juz, 20 juz, 30 juz dan khattil Quran,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top