Peristiwa

Seorang Bocah Tewas Tenggelam di Pantai Lango PPU

Tim gabungan melakukan upaya pencarian korban di sekitar dermaga Pantai Lango (kotaku.co.id/Ist)

KOTAKU, PENAJAM-Seorang bocah berusia enam tahun ditemukan meninggal dunia. Tubuh korban ditemukan di dasar laut, sekitar 20 meter dari jembatan dermaga RT 01, Pantai Lango, Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Selasa (30/5/2023).

Seperti yang disampaikan Kapolsek Penajam AKP Ridwan Harahap, mewakili Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan.

“Informasi masyarakat ada orang tenggelam. Jadi kami datang,” ujar Ridwan, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (31/5/2023).

Ridwan langsung memantau lokasi kejadian, bersama tim gabungan dari Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Polsek Penajam, Sat Polair Polres PPU, TNI AL PPU, Bhabinkamtibmas Pantai Lango dan dibantu warga sekitar.

Sekira pukul 15.50 Wita, Pos Pol Jenebora beserta tim gabungan tiba di lokasi dan melakukan upaya pencarian korban.

Dia menerangkan, informasi yang diterima berasal dari saksi mata yakni Adnan, warga Pantai Lango yang mengaku melihat ada tubuh seorang anak berkaus merah mengambang di sekitar jembatan dermaga.

Namun saat didekati, tubuh anak itu menghilang dan tenggelam.

Kemudian saksi langsung berlari menghampiri warga lainnya yakni Zainal dan menyampaikan yang telah dilihatnya.

Mendapat kabar tersebut, Zainal langsung berlari menuju Dermaga Putih di RT 04, Pantai Lango. Sebab ia berfirasat bahwa yang dimaksud adalah anaknya. Sesampainya di tempat itu, tubuh anak tersebut sudah tidak ada.

“Akhirnya kami melakukan pencarian. Kemudian warga berdatangan membantu,” ucap Ridwan.

Dari beberapa keterangan saksi dan fakta di lapangan, disebutkan adanya kemungkinan korban tenggelam karena terjatuh saat bermain di sekitar akibat kondisi jembatan dermaga yang licin.

Sekira pukul 18.00 Wita, proses pencarian menemukan titik terang.

Seorang warga melihat korban sekitar 20 meter dari jembatan dermaga RT 01, Pantai Lango, Penajam.

Selanjutnya korban dibawa ke rumah korban untuk mendapat pertolongan pertama oleh tim gabungan. Sejurus kemudian dibawa menuju Klinik Kita di Kelurahan Gersik, RT 04, Penajam.

Korban dinyatakan meninggal dunia oleh tim kesehatan Klinik Kita, sekira pukul 19.00 Wita.

“Kemarin kami imbau, kami sampaikan untuk warga, agar selalu menjaga anak-anaknya jangan bermain di pinggir laut. Lakukan pengawasan dan selalu waspada,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top