Metro

Jelang Operasi Mantap Praja 2024, Polres PPU Tingkatkan Kesiapan dengan Pelatihan Fungsi Sat Reskrim

Suasana pelatihan yang diikuti personel Sat Reskrim PPU (kotaku.co.id/ist)

KOTAKU, PENAJAM-Polres Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan pelatihan fungsi Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim), dalam rangka Operasi Mantap Praja tahun 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan di ruang Catur Prasetya Polres PPU, Kamis (13/06/2024).

Kasat Reskrim Polres PPU AKP Dian Kusnawan mewakili Kapolres PPU AKBP Supriyanto menyampaikan, pelatihan ini sebagai persiapan para personelnya, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemantapan anggota Sat Reskrim dalam menghadapi berbagai situasi dan tantangan yang mungkin terjadi selama Operasi Mantap Praja berlangsung.

Operasi Mantap Praja Tahun 2024 merupakan upaya pengamanan dari kepolisian dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati, khususnya di PPU.

“Kegiatan ini dihadiri segenap anggota Sat Reskrim Polres PPU yang akan terlibat langsung dalam operasi tersebut,” ujar AKP Dian Kusnawan, melalui keterangan tertulis Humas Polda Kaltim.

Dijelaskan, dalam pelatihan ini peserta mendapatkan berbagai materi dan simulasi yang berkaitan dengan penanganan tindak kriminal, penyelidikan kasus, serta teknik-teknik penyelamatan dan evakuasi yang efektif.

Dian Kusnawan menyebut, pelatihan ini merupakan bagian dari upaya Polres PPU untuk memastikan bahwa, seluruh personel memiliki kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya dengan profesional.

“Operasi Mantap Praja adalah momen penting bagi kami semua. Dan melalui pelatihan ini, kami berharap dapat meningkatkan kemampuan dan kesiapan anggota Sat Reskrim dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi di lapangan,” ungkapnya.

Selain itu, pelatihan ini juga mencakup sesi diskusi dan tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam menangani berbagai kasus.

Dengan demikian, diharapkan anggota Sat Reskrim Polres PPU dapat saling belajar dan memperkaya pengetahuan dalam bidang reserse kriminal.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu dari serangkaian persiapan yang dilakukan oleh Polres PPU dalam menyambut Operasi Mantap Praja 2024.

Dengan adanya pelatihan ini, Dian Kusnawan berharap agar Polres PPU dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan memastikan keamanan serta ketertiban di wilayah hukum PPU agar tetap terjaga.

Pelatihan ditutup dengan sesi foto bersama dan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta sebagai tanda apresiasi atas partisipasi dan komitmennya dalam mengikuti kegiatan.

“Diharapkan, dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh, anggota Sat Reskrim Polres PPU siap menghadapi dan mengatasi tantangan yang ada selama Operasi Mantap Praja tahun 2024,” tutupnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top