Metro

Dinsos Fokus Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

Bagenda Ali

KOTAKU, PENAJAM-Pengentasan kemiskinan kategori ekstrem menjadi fokus kerja Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tahun 2024.

Pengentasan kemiskinan ekstrem akan diintervensi melalui program bantuan sosial berupa penyaluran bantuan uang tunai.

Oleh karena itu, Dinsos akan menyasar keluarga miskin ekstrem sesuai data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Seperti yang disampaikan Kepala Dinsos PPU Bagenda Ali saat ditemui di sela bakti sosial yang digelar SDN 013 Penajam berupa pembagian 500 porsi makanan bergizi tinggi untuk masyarakat sekitar lingkungan sekolah, yang digelar, Sabtu (17/2/2024). Makanan bergizi dibagikan murid-murid dengan mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga didampingi guru dan para orang tua. Adapun bakti sosial bagian dari pengamalan SDN 013 Penajam sebagai Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP). Yakni model pendidikan karakter berbasiskan nilai-nilai Pancasila, yang mengandung kearifan lokal, dengan mengadopsi pendekatan Pentahelix.

Bakti sosial dihadiri Pj Bupati Makmur Marbun yang didaulat untuk melepas murid-murid yang akan membagikan makanan bergizi kepada warga sekitar.

“Tahun lalu bantuan kami salurkan untuk 726 jiwa berdasarkan data P3KE. Bantuannya sebanyak Rp200 ribu per jiwa per bulan selama tiga bulan. Nah tahun ini, bantuan akan disalurkan kembali,” kata Bagenda Ali.

Kemiskinan ekstrem merupakan kondisi yang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer. Kebutuhan yang dimaksud berupa makanan, air bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan informasi.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU sudah menyiapkan anggaran untuk mendukung program tersebut sepanjang tahun 2024. Namun sebelumnya, Dinsos akan melakukan verifikasi dan validasi (Verval).

“Saat ini masih tahap verval. Kalau sudah selesai, segera mungkin bantuan kami salurkan,” imbuhnya.

Harapannya melalui program tersebut, tingkat kemiskinan ekstrem tahun 2024 di Kabupaten PPU berhasil dituntaskan. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top