Metro

Makmur Marbun Lepas Murid SDN 013 Penajam Bagikan Makan Bergizi, Diantar ke Rumah-Rumah

Pj Bupati Makmur Marbun didampingi Kepala SDN 013 Penajam saat melepas murid-murid membagikan makanan bergizi untuk warga sekitar (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, PENAJAM-Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun melepas murid-murid SDN 013 Penajam membagikan paket makanan bergizi untuk warga sekitar lingkungan sekolah.

Kegiatan itu merupakan aksi sosial SDN 013 Penajam. Digelar Sabtu (18/2/2024). Bakti sosial tersebut sekaligus pengamalan SDN 013 Penajam sebagai Sekolah Laboratorium Pancasila (SLP).

SLP salah satu sarana pencapaian profil anak didik berjiwa Pancasila. Nantinya dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk penguatan karakter.

Lebih dari itu, program SLP juga penting untuk membentengi generasi muda dari segala bentuk degradasi moral.

Program tersebut juga dapat memberikan kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya dengan tujuan menjadi anak yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Tiap sekolah punya cara (mengamalkan jiwa Pancasila). SDN 013 Penajam sebagai satu dari total 30 sekolah yang menerapkan program SLP, hari ini menggelar bakti sosial dengan memberikan makanan bergizi untuk warga sekitar.

Sekolah lain ada juga yang menerapkan cara lain seperti pengelolaan sampah dengan baik.

Dengan adanya program SLP, sekolah tidak saja menjadi tempat untuk meningkatkan kemampuan akademik tapi juga membuat anak didik tidak lupa dengan jata diri salah satunya kepedulian,” kata Makmur Marbun usai melepas murid-murid SDN 013 Penajam membagikan makanan bergizi untuk warga sekitar.

Karenanya menurut dia, sudah sepatutnya berbangga dengan penerapan program SLP karena mampu meningkatkan mutu pendidikan dan karakter anak didik.

“SLP lompatan yang luar biasa,” gebunya.

Adapun bakti sosial yang digelar SLP SDN 013 Penajam yakni membagikan 500 porsi makanan bergizi untuk warga sekitar sekolah.

Makanan dibagikan para murid dengan diantar langsung ke rumah-rumah. Didampingi para guru dan orang tua.

Tapi sebelum itu, Makmur Marbun terlebih dahulu membagikan makanan bergizi dan santunan uang tunai kepada murid-murid SDN 013 Penajam yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SDN 013 Penajam Hj Rusmilawati menerangkan, bakti sosial 500 porsi makanan bergizi yang dibagikan wujud kepedulian sekolah bekerja sama dengan orang tua murid.

Termasuk dalam mengolah bahan baku menjadi makanan bergizi. “Biasanya berbagi dengan tetangga, orang tua yang masak, anak-anak yang mengantarkan makanan untuk tetangga.

Melalui kegiatan ini, anak-anak kami libatkan mulai memilah bahan, memasak sampai mengantar. Tentunya didampingi dengan para orang tua,” ulasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top