Metro

Peringatan HUT ke 19 PPU, Bupati AGM Beri Bocoran Peletakan Batu Pertama IKN

Teks foto: Bupati PPU H Abdul Gafur Mas’ud (tengah) diapit Wabup H Hamdam (kanan) dan Plt Sekda Muliadi serta Ketua DPRD Jhon Kennedy (kiri) dalam peringatan HUT ke 19 Kabupaten PPU, Kamis (11/3/2021) (foto:kotaku.co.id/chandra)

KOTAKU, PENAJAM-Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merayakan hari jadi ke-19 tahun, Kamis (11/3/2021). Apel peringatan HUT digelar di halaman kantor Pemerintah Kabupaten mulai pukul 09.10 Wita. Diawali dengan pembacaan sejarah singkat terbentuknya PPU oleh Ketua Tim Sukses Harimuddin Rasyid.

Dalam peringatan tersebut, Bupati PPU H Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menyampaikan, HUT merupakan momentum sakral. Namun pandemi Covid-19 yang masih melanda mengharuskan kegiatan digelar secara terbatas. “Alhamdulillah berjalan lancar walaupun tidak seperti biasanya karena pandemi Covid-19,” jelasnya kepada awak media usai apel HUT.

Meski begitu, tidak mengurangi makna peringatan HUT. Pun begitu dengan semangat PPU sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. Itu sesuai tema HUT yang diusung tahun ini. Yakni Membangun Peradaban Baru di IKN yang baru, yang Maju, Modern dan Religius untuk Indonesia yang maju.

Dalam kesempatan tersebut AGM juga menyampaikan rencana peletakan batu pertama pembangunan IKN. “Bocoran dari Bappenas (Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Red), kalau tidak akhir bulan ini awal April 2021. InsaAllah, mari sama-sama berdoa, karena bukan warga Penajam saja yang menanti-nanti pemindahan IKN tapi juga Kalimantan khususnya Kaltim,” terangnya.

Teks foto: Bupati H Abdul Gafur Mas’ud saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT ke 19 PPU (foto:kotaku.co.id/chandra)

Momen pertambahan usia juga ditandai dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah masyarakat berprestasi, mulai pelaku usaha, objek wisata termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Sekira ada 90 penghargaan yang diberikan. “Kami ingin menghargai sekecil apapun usaha masyarakat termasuk juga ASN. Penghargaan ini untuk membangun kesadaran agar menghargai satu sama lain, termasuk dari pemerintahan selalu menghargai kerja keras mereka. Tentunya masyarakat juga memberi apresiasi jika pemerintahan juga memberi penghargaan kepada masyarakatnya,” sambungnya.

Hari jadi ke-19 tahun ini juga, Pemkab PPU menegaskan telah mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Mulai dari sektor pendidikan hingga kesehatan. Selanjutnya, mengoptimalkan pembangunan infrastruktur jalan. “Yang menjadi kendala kurangnya anggaran untuk membangun secara cepat jadi harus bertahap. Tahun ini, fokus pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Waru dan Babulu supaya pemerataan bisa dirasakan masyarakat PPU,”

Usai apel HUT, rangkaian peringatan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PPU kemudian peringatan Isra Mi’raj di Masjid Agung Al Ikhlas dengan menghadirkan penceramah kondang Ustad Maulana. (advertorial/diskominfoppu)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top