Metro

Dinilai Baik Terapkan SPBE, Diskominfo PPU Optimis Tahun 2024 Makin Gemilang

Khairudin

KOTAKU, PENAJAM-Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) tahun 2023 dinilai baik dengan indeks mencapai 2,85.

Jumlah itu meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 1,82 (Cukup).

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU Khairudin di kantornya, Senin (15/1/2024).

Dijelaskan, penilaian secara resmi disampaikan melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2024 tentang Hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah tahun 2023.

Penilaian dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya melalui penerapan SPBE.

Mengacu delapan aspek, di antaranya kebijakan internal terkait tata kelola, perencanaan strategis, teknologi informasi dan komunikasi, penyelenggara, penerapan manajemen, audit teknologi informasi dan komunikasi, layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik, dan layanan publik berbasis elektronik.

“Ini berkat keterlibatan semua perangkat daerah sebagai bagian dari sistem pemerintahan dalam mewujudkan SPBE.

Selain itu, adanya dukungan dari Penjabat (Pj) Bupati PPU untuk melakukan percepatan baik dari segi kebijakan maupun penerapan SPBE,” ucapnya.

Dia optimis tahun ini makin gemilang. Itu ditandai dengan diterapkannya Tanda Tangan Elektronik (TTE) hingga tingkat UPTD.

Selain itu, e-Office juga rencana diluncurkan awal Februari 2024 sehingga proses administrasi akan dilakukan secara elektronik.

Hal ini akan memudahkan proses administrasi berjalan lebih cepat dan efisien. Proses integrasi aplikasi, juga akan dilakukan tahun ini.

Pengadaan server yang dilakukan akhir tahun 2023 lalu menjadi awal dari proses kesiapan integrasi berbagai aplikasi di Pemkab PPU sehingga pelayanan publik dapat efisien dan optimal. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top