Metro

Cetak SDM Unggul, Pemkab PPU Perkuat Pendidikan Vokasi

Pj Bupati PPU Makmur Marbun saat rapat kerja sama BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Solo yang digelar secara virtual (foto: kotaku.co.id/diskominfo ppu)

KOTAKU6, PENAJAM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) gandeng Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Solo untuk penguatan pendidikan vokasi.

Kerja sama ini diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia (SDM) PPU yang siap terjun dalam dunia industri.

Apalagi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke PPU memungkinkan lapangan pekerjaan terbuka lebar.

“Kuota yang disiapkan untuk tenaga lokal hanya 30 persen, tentu kami tidak dapat memaksa karena kualifikasi pendidikan kompetensi SDM harus selaras dengan yang diperlukan.

Vokasi salah satu cara untuk mendapatkan tenaga kerja siap pakai,” ucap Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun saat rapat kerja sama dengan BLUD UPTD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark, Solo yang digelar secara virtual, Selasa (16/1/2024).

Rapat diikuti Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Pimpinan BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo Technopark Yudit Cahyantoro.

Makmur menyebutkan ada enam program prioritas pelatihan yang akan diperkuat untuk meningkatkan kompetensi.

Masing-masing bidang pengelasan, Rigging, Scaffolding, perpipaan, elektrikal atau kelistrikan dan mekanikal.

“Harapannya program ini dapat meningkatkan pengetahuan calon tenaga kerja serta mengurangi angka pengangguran di Kabupaten PPU,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top