Metro

Perusahaan Elon Musk Bakal Bantu Pelayanan Puskesmas Sepaku

dr Jansje Grace Makisurat

KOTAKU, PENAJAM-Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menyedot perhatian dari berbagai belahan dunia.

Terbukti, baru-baru ini dikabarkan bahwa Multi Milioner asal Amerika Serikat yakni Elon Musk tertarik untuk memberi bantuan untuk fasilitas kesehatan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Ya, saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) PPU tengah mengerjakan pembangunan Puskesmas Kecamatan Sepaku. Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinkes PPU dr Jansje Grace Makisurat dalam sebuah kesempatan di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Jumat (23/2/2024).

“Ada tiga (pembangunan) Puskesmas. Di Sepaku I, Sepaku II dan Maridan. Sedangkan di Semoy II itu hanya pengembangan Puskesmas saja untuk (menambah jadi) dua lantai,” ujar Grace Makisurat.

Disebutkan, pengembangan Puskesmas Sepaku menarik minat Elon Musk untuk memberikan dukungan.

“Terkait support (dukungan) Elon Musk belum diketahui. Kemungkinan mendukung infrastruktur jaringan internet,” ungkap Grace.

Diketahui, Elon Musk memiliki bidang usaha Starlink, yakni layanan internet via satelit miliknya. Dalam sejumlah pemberitaan, disebutkan, jaringan internet yang dikembangkannya kini telah menjangkau lebih dari 2,3 juta pelanggan sampai akhir Desember 2023.

Grace Makisurat menilai, saat ini adalah era internet. Dalam perkembangannya, internet membuka era baru yakni digital.

Sehingga semua kegiatan tidak terkecuali operasional Puskesmas membutuhkan dukungan jaringan internet.

Di antaranya untuk kelancaran pelaporan dan integrasi data. Salah satunya dalam pelayanan fasilitas BPJS Kesehatan. Kemudian juga, memperoleh akses data untuk menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Saya rasa dukungan itu akan sangat membantu untuk Puskesmas.

Saya menduga dukungan (berupa jaringan) internet itu, misalnya untuk membantu pendaftaran online dan rekam medik elektronik,” ungkapnya.

Menurutnya administrasi fasilitas pelayanan kesehatan memang membutuhkan jaringan internet yang kuat. Sehingga pelayanan lebih mudah dan cepat. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top